Minggu, 03 Juni 2012

Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan: SMA Negeri
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : X/1
AlokasiWaktu      : 2 X 45 menit
A.    StandarKompetensi: menulis
8.      Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
B.     KompetensiDasar:
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
C.    Indikator
1. Kognitif
 a. proses
·      Mengedentifikasi puisi baru berdasarkan bait, rima dan irama
·       Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait,rima dan irama
b. produk
·      Menyuting puisi baru yang dibuat teman
      2. Psikomotor
·      Menanggapi/menilai puisi baru karya teman
3.Afektif
 a. karakter
·  Kreatif, disiplin, komunikatif, dan tanggung jawab dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
b. keterampilan sosial
·       Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman yang kesulitan dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
D.    TujuanPembelajaran
1.Kognitif
 a. proses
·       Siswa menjelaskan pengertian puisi terutama bait, irama, dan rima
·       Siswa menyebutkan ciri-ciri puisi baru
 b. produk
·       Siswa memberikan contoh puisi baru
2. Psikomotor
·       Siswa menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·       Siswa menanggapi/menilai puisi baru karya teman
3.Afektif
a.      karakter
·    Siswa terlibat dalam proses pembelajaran dengan memperhatikan penanaman nilai-nilai kreativitas, disiplin, komunikatif, dan tanggung jawab dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
b.      Keterampilan sosial
·   Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan memperhatikan perkembangan keterampilan bertanya/menanggapi puisi baru karya teman dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman yang kesulitan dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
E.     Materi Pembelajaran
·            Contoh puisi baru
·           bait, irama, dan rima
·           ciri-ciri  menulis puisi baru
F.     Model dan Metode Pembelajaran
·            Model Pembelajaran  : Active Learning
·            MetodePembelajaran : PenugasandanDiskusi

G.    Media/alat/Bahan
·           Ballpoint, spidol, kertas
·           Buku kumpulan puisi, internet dan media massa
H.    Langkah-langkahPembelajaran
No
Kegiatan
A.
Kegiatan Awal (5 menit)
  1. Memotivasi siswa agar siap mengikuti proses pembelajaran tentang menulis pusi dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
  2. Melakukan apersepsi mengaitkan dengan materi pembelajaran sebelumnya.
  3. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
  4. Menyampaikan pokok-pokok materi pembelajaran
B.
Kegiatan Inti (70 menit)
  1. Siswa berkelompok sesuai dengan pembagian yang telah disepakati.
  2. Siswa menerima lembar kerja 1 (LKS-1) untuk berlatih menulis puisi.
  3. Siswa menuliskan dua huruf yang paling disukainya. Huruf pertama konsonan atau vokal dan huruf kedua vokal.
  4. Siswa menuliskan di LKS-1 semua kata yang terlintas dalam benak yaitu kata-kata yang berhuruf awal huruf pertama dan kata-kata yang berhuruf akhir huruf kedua yang dipilih selama dua menit.
  5. Siswa menghitung jumlah kata yang berhasil mereka tulis.
  6. Jumlah kata yang paling sedikit ditambah jumlah kata yang paling banyak lalu dibagi dua, hasilnya menjadi kemampuan rata-rata siswa kelas itu.
  7. Siswa diminta menuliskan dua huruf pilihannya seperti tadi (huruf yang berbeda), lalu siswa diminta menuliskan semua kata yang terlintas dalam benak seperti tadi sesuai dengan huruf yang dipilih. Jumlah kata yang ditulis minimal sebanyak jumlah rata-rata kelas tadi.
  8. Siswa menghitung jumlah kata yang mereka tulis.
  9. Siswa memilih kata-kata yang telah mereka tuliskan tadi untuk dijadikan baris-baris puisi sederhana. Siswa boleh menambahkan konjungsi/preposisi atau kata lain dalam menuliskan puisi selama lima menit.
  10. Beberapa siswa diminta membacakan baris puisi hasil karya mereka, siswa lain memberikan komentar dan guru memberikan penguatan.
                                                                              
C.
Kegiatan Akhir (15 menit)
  1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
  2. Guru dan siswa merefleksi pembelajaran menulis puisi baru dengan memperhatikan unsur bait, irama, dan rima.
  3. Guru melakukan evaluasi pembelajaran.
  4. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas kepada siswa untukmenulis puisi baru di rumah dengan memperhatikan semua unsur pembangun puisi berdasarkan pengamatan terhadap benda-benda atau peristiwa di sekitar lingkungan tempat tinggal siswa masing-masing.

I.       Sumberpembelajaran
1.    BukuPaketbahasa Indonesia Kelas X Pemkot Semarang
2.    Teks contoh puisi baru yang menonjolkan unsur bait, irama, dan rima
J.      Penilaian

Indikator
IndikatorSoal
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.       Menunujukkan pokok-pokok isi puisi baru
Disajikan isi puisi baru, siswa menunjukkan pokok-pokok  yang dibacakan oleh teman
Tes penugasan
TesTulis








Kinerja praktik
membaca
Setelah membacaisi puisi baru, tunjukkanpokok-pokokisi puisi baru yang dibacakan oleh teman
2.       Menyarikanpokok-p okokisi puisi baru
Disajikan  isi puisi baru, siswa menyarikan pokok-pokok isi puisi baru
Berdasarkanisipuisi baru yang dibaca, tentukanrima dan irama dalam puisi tersebut
3.       Menanggapiisipuisi baru yang dibacakan teman



 

4.       Menentukanpokok-pokokpuisi baru


 

5.       Menyimpulkanisipuisi baru
Disajikan isi puisi baru,  siswa menanggapi isi puisi baru yang dibacakan




disajikan isi puisi baru, siswa menentukan pokok-pokok yang penting dalam puisi



Disajikan isi puisi baru, siswa menyimpulkan isi puisi baru kedalam salah satu contoh puisi baru.
Berdasarkan isi puisi baru, simpulkanisi puisi baru tersebut




LEMBAR KERJA SISWA 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama                 : ..........................
Kelas/Semester : X / 1
Hari, tanggal     : Sabtu, 8 Oktober 2011

Soal
1.      Jelaskan pengertian puisi, rima, irama dan bait berdasarkan puisi baru !
Jawab
a.       Puisi adalah rangkaian atau susunan kata yang indah, bermakna, dan memiliki aturan serta unsur-unsur bunyi.
b.      Rima (persamaanbunyi) adalah pengulangan bunyi berselang, baik dalam larik maupun pada akhir puisi yang berdekatan.
c.       Irama atau ritme berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi, irama berupa pengulangan yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan.
d.      Bait merupakankumpulanbarisdalamsebuahpuisi.








LEMBAR KERJA SISWA2

Mata Pelajaran  :Bahasa Indonesia
 Nama                : .............................
Kelas/Semester : X / 1
Hari, tanggal:
            soal
1.Tulislah sebuah contuh puisi baru minimal dua bait dan tiap bait minimal dua   baris !
           Jawab
Berat himpitan gunung Singgalang
Atas daratan di bawahnya.

Hingga tengkah tak alang-alang
Ngarai lebar dengan dalangnya.
         soal
2. Sebutkan ciri-ciri puisi baru
 jawab
       Ciri-ciri Puisi Baru:
  • Bentuknya rapi, simetris;
  • Mempunyai persajakan akhir (yang teratur);
  • Banyak mempergunakan pola sajak pantun dan syair
  • Sebagian besar puisi empat seuntai;

BAHAN AJAR
MENULIS PUISI BARU
PengertianPuisi
Puisi adalah rangkaian atau susunan kata yang indah, bermakna, dan memiliki  aturan serta unsur-unsur bunyi.  Puisi baru bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.
Contoh puisi baru
NGARAI SIANOK
Berat himpitan gunung Singgalang
Atas daratan di bawahnya
Hingga tengkah tak alang-alang
Ngarai lebar dengan dalangnya
Bumi runtuh-runtuh juga
Seperti beradab-adab yang lepas
Debumnya hirap dalam angkasa
Derumnya lenyap di sawah luas
Dua penduduk di dalam ngarai
Mencangkul lading satu-satu
Menyabit di sawah bersorak-sorai
Ramai kerja sejak dahulu
Bumi runtuh-runtuh jua
Mereka hidup bergiat terus
Seperti siAnak dengan rumahnya
Diam-diam mengalir terus.
( Rifai Ali )
       Ciri-ciri Puisi Baru:
  • Bentuknya rapi, simetris;
  • Mempunyai persajakan akhir (yang teratur);
  • Banyak mempergunakan pola sajak pantun dan syair
  • Sebagian besar puisi empat seuntai;
     Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika MenulisPuisi :
Selain tema dan diksi dalam menulis puisi seorang penyair harus memperhatikan unsur-unsur di bawahini.
1.BAIT
Bait merupakan kumpulan baris dalam sebuah puisi. Bait bias berfungsi sebagai sarana pembentuk fisik puisi (tipografi). Fungsi ini dapat memperindah puisi.Dalam penulisan puisi baru tidak ada aturan baku yang menentukan sebuah puisi harus berapa bait atau satu bait harus terdiri atas berapa baris. Penyair bebas menentukan sebuah puisi akan ditulis berapa bait dan tiap baitnya berapa baris.
2.IRAMA
Irama atau ritme berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi, irama berupa pengulangan yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan. Irama  dapat juga berarti pergantian keras-lembut, tinggi rendah, atau panjang-pendek kata secara berulang-ulang dengan tujuan menciptakan gelombang yang memperindah puisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar