RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan:
SMA Negeri
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/1
AlokasiWaktu
: 2 X 45 menit
A. StandarKompetensi: menulis
8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan
melalui kegiatan menulis puisi
B.
KompetensiDasar:
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
C.
Indikator
1. Kognitif
a. proses
·
Mengedentifikasi puisi baru berdasarkan
bait, rima dan irama
·
Menulis puisi baru dengan memperhatikan
bait,rima dan irama
b. produk
· Menyuting puisi baru yang dibuat teman
2. Psikomotor
· Menanggapi/menilai puisi baru karya
teman
3.Afektif
a. karakter
· Kreatif, disiplin,
komunikatif, dan tanggung jawab dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan
rima.
b. keterampilan sosial
· Bertanya dengan bahasa yang baik dan benar,
menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman
yang kesulitan dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan
rima.
D.
TujuanPembelajaran
1.Kognitif
a. proses
· Siswa menjelaskan pengertian puisi
terutama bait, irama, dan rima
· Siswa menyebutkan ciri-ciri puisi baru
b. produk
· Siswa memberikan contoh puisi baru
2. Psikomotor
· Siswa menulis puisi baru dengan memperhatikan bait,
irama, dan rima
· Siswa menanggapi/menilai puisi baru
karya teman
3.Afektif
a.
karakter
· Siswa terlibat dalam proses pembelajaran
dengan memperhatikan penanaman nilai-nilai kreativitas, disiplin, komunikatif, dan tanggung jawab dalam menulis puisi baru
dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
b.
Keterampilan sosial
· Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan memperhatikan
perkembangan keterampilan bertanya/menanggapi puisi baru karya teman dengan bahasa yang baik dan benar,
menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman
yang kesulitan dalam menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan
rima.
E.
Materi Pembelajaran
·
Contoh puisi baru
·
bait, irama, dan rima
·
ciri-ciri menulis
puisi baru
F.
Model dan Metode Pembelajaran
·
Model
Pembelajaran :
Active Learning
·
MetodePembelajaran
: PenugasandanDiskusi
G.
Media/alat/Bahan
·
Ballpoint, spidol,
kertas
·
Buku kumpulan puisi, internet dan media massa
H.
Langkah-langkahPembelajaran
No
|
Kegiatan
|
A.
|
Kegiatan Awal (5 menit)
|
B.
|
Kegiatan Inti (70 menit)
|
C.
|
Kegiatan Akhir (15 menit)
|
I. Sumberpembelajaran
1.
BukuPaketbahasa
Indonesia Kelas X Pemkot Semarang
2.
Teks contoh puisi baru yang menonjolkan
unsur bait, irama, dan rima
J. Penilaian
Indikator
|
IndikatorSoal
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
1.
Menunujukkan
pokok-pokok isi puisi baru
|
Disajikan isi puisi baru, siswa menunjukkan
pokok-pokok yang dibacakan oleh teman
|
Tes penugasan
|
TesTulis
Kinerja praktik
membaca
|
Setelah membacaisi puisi baru, tunjukkanpokok-pokokisi puisi baru yang dibacakan oleh teman
|
2.
Menyarikanpokok-p okokisi puisi baru
|
Disajikan isi puisi baru,
siswa menyarikan pokok-pokok isi puisi
baru
|
Berdasarkanisipuisi baru yang
dibaca, tentukanrima dan irama dalam
puisi tersebut
|
||
3.
Menanggapiisipuisi baru yang dibacakan teman
4.
Menentukanpokok-pokokpuisi baru
5.
Menyimpulkanisipuisi baru
|
Disajikan isi puisi baru, siswa
menanggapi isi puisi baru yang dibacakan
disajikan isi puisi baru,
siswa menentukan pokok-pokok yang
penting dalam puisi
Disajikan isi puisi baru, siswa menyimpulkan isi puisi baru kedalam salah satu contoh puisi baru.
|
Berdasarkan isi puisi baru, simpulkanisi puisi baru tersebut
|
LEMBAR
KERJA SISWA
1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama : ..........................
Kelas/Semester : X
/ 1
Hari, tanggal : Sabtu, 8 Oktober 2011
Soal
1. Jelaskan pengertian puisi, rima, irama
dan bait berdasarkan puisi baru !
Jawab
a. Puisi adalah rangkaian atau susunan
kata yang indah, bermakna, dan memiliki aturan serta unsur-unsur bunyi.
b. Rima (persamaanbunyi) adalah pengulangan bunyi berselang,
baik dalam larik maupun pada akhir puisi
yang berdekatan.
c. Irama atau ritme berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi,
irama berupa pengulangan
yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan.
d. Bait merupakankumpulanbarisdalamsebuahpuisi.
LEMBAR
KERJA SISWA2
Mata Pelajaran
:Bahasa
Indonesia
Nama : .............................
Kelas/Semester : X / 1
Hari, tanggal:
soal
1.Tulislah sebuah contuh puisi baru minimal dua
bait dan tiap bait minimal dua baris !
Jawab
Berat himpitan gunung Singgalang
Atas daratan di bawahnya.
Hingga tengkah tak alang-alang
Ngarai lebar dengan dalangnya.
soal
2. Sebutkan ciri-ciri puisi baru
jawab
Ciri-ciri Puisi Baru:
- Bentuknya
rapi, simetris;
- Mempunyai
persajakan akhir (yang teratur);
- Banyak
mempergunakan pola sajak pantun dan syair
- Sebagian
besar puisi empat seuntai;
BAHAN
AJAR
MENULIS
PUISI BARU
PengertianPuisi
Puisi adalah rangkaian atau susunan kata yang indah, bermakna,
dan memiliki
aturan serta unsur-unsur bunyi. Puisi baru
bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku
kata, maupun rima.
Contoh puisi baru
NGARAI SIANOK
Berat himpitan gunung Singgalang
Atas daratan di bawahnya
Hingga tengkah tak alang-alang
Ngarai lebar dengan dalangnya
Bumi runtuh-runtuh juga
Seperti beradab-adab yang lepas
Debumnya hirap dalam angkasa
Derumnya lenyap di sawah luas
Dua penduduk di dalam ngarai
Mencangkul
lading satu-satu
Menyabit
di sawah bersorak-sorai
Ramai kerja sejak dahulu
Bumi runtuh-runtuh jua
Mereka hidup bergiat terus
Seperti siAnak dengan rumahnya
Diam-diam mengalir terus.
( Rifai Ali )
Ciri-ciri
Puisi Baru:
- Bentuknya
rapi, simetris;
- Mempunyai
persajakan akhir (yang teratur);
- Banyak
mempergunakan pola sajak pantun dan syair
- Sebagian
besar puisi empat seuntai;
Hal-hal
Yang Harus Diperhatikan Ketika MenulisPuisi
:
Selain tema dan diksi dalam menulis puisi seorang penyair harus memperhatikan unsur-unsur di
bawahini.
1.BAIT
Bait merupakan kumpulan baris dalam sebuah puisi. Bait bias berfungsi sebagai sarana pembentuk fisik puisi (tipografi). Fungsi ini dapat memperindah puisi.Dalam penulisan puisi baru tidak ada aturan baku
yang menentukan sebuah puisi harus berapa bait atau satu bait harus terdiri atas berapa baris.
Penyair bebas menentukan sebuah puisi akan ditulis berapa
bait dan tiap baitnya berapa
baris.
2.IRAMA
Irama atau ritme berhubungan dengan pengulangan bunyi, kata, frasa, dan kalimat. Dalam puisi,
irama berupa pengulangan
yang teratur suatu baris puisi menimbulkan gelombang yang menciptakan keindahan. Irama
dapat juga berarti pergantian keras-lembut, tinggi rendah, atau panjang-pendek
kata secara berulang-ulang dengan tujuan menciptakan gelombang
yang memperindah puisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar